Menghadapi Ancamn Resesi 2023, PMII Rayon Ashram Bangsa Gelar Diskusi: UMKM JADI SOLUSI JITU

 

Ashrambangsanesw
Ashrambangsanews-Biro Intelektual Rayon Ashram Bangsa menggelar diskusi sereal dengan tema "Ancaman resesi 2023, UMKM menjadi solusi jitu" yang bertempat di depan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pukul 15:00-17:00. Pada hari jumat (30/12/2022).

Diskusi ini diikuti kurang lebih 20 kader PMII yang dimoderatori langsung oleh sahabati Ivanna Hanum Charissa kader PMII Rayon Ashram Bangsa korp akral Satria 2021.

Disamping itu, sahabati yang dikenal dengan panggilan Hanum membuka diskusi dengan membacakan Curriculum vitae pemantik.

Hadir sebagai pemantik, Sahabat Ayatullah Fazlurrahman yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Diawal pemantik langsung menyampaikan ancaman resesi 2023, UMKM jadi solusi jitu BELUM TERJADI, MASIH PREDIKSI.

Resesi merupakan suatu peristiwa ekonomi yang melanda suatu negara. Ekonomi makro membahas ekonomi yang lebih luas, ekonomi negara, ekonomi daerah dan ekonomi mikro membahas tentang ekonomi individual.

Pemantik juga menjelaskan mengenai asal usul terjadinya resesi yakni;

1. ekonomi global, perang Ukraina.

2. Perubahan iklim

Transaksi semakin tersendat akan mengakibatkan pengangguran, inflasi, apakah UMKM menjadi solusi? Iya, sendi-sendi masyarakat untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. Mengenalkan produk-produk UMKM, banyak solusi dari perkembangan teknologi, internet, keilmuan yang kita miliki, pemanfaatan APBN dll.

Wabah covid wabah resesi.

"Kita sebagai mahasiswa hukum harus terus mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah yang bisa menjadi faktor-faktor terjadinya resesi 2023 meskipun hal tersebut masih menjadi prediksi bersama", ujarnya.

Dilanjut dengan menyampaikan Salah satu yang harus dikritisi oleh mahasiswa hukum yakni keputusan pemerintah berupa pembangunan kereta cepat dan ibu kota nusantara yang dianggap tidak berguna dan harus lebih mementingkan usaha-usaha masyarakat baik mikro ataupun makro yang harus lebih difokuskan lagi oleh pemerintah sekarang.

Tak hanya itu, Ayatullah juga menyampaikan bahwa kita sebagai kader Ashram Bangsa dan sebagai komunal pergerakan harus mempunyai peran dalam kemajuan ekonomi negara.

"Kita harus mempunyai inovasi ekonomi yang maju baik ekonomi lewat online ataupun offline. Dan harus dimulai dari usaha masyarakat kecil, koperasi dan lain sebagainya.” Pungkasnya

Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dan akhirnya diskusi ini ditutup oleh Ivanna Hanum sebagai moderator.

Pewarta: Ali Akmal Zainuri, Anggota Rayon Ashram Bangsa

0 Response to "Menghadapi Ancamn Resesi 2023, PMII Rayon Ashram Bangsa Gelar Diskusi: UMKM JADI SOLUSI JITU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel