Puspoll ungkap dua calon yang lolos dalam putaran kedua

Sumber gambar: cnbc.indonesia

Puspoll indonesia memberikan rilis hasil survei  elektabilitas dari setiap calon capres cawapres dikontestasi pemilu 2024. Sebagaimana dikutip dari liputan6.com pada tanggal 02/01/2024.

Muslimin selaku direktur puspoll indonesia mengungkapkan bahwa paslon nomor urut 02 prabowo subianto-gibran rakabuming raka dan paslon nomor urut 03 ganjar pranowo-mahfud md yang akan lolos dalam putaran ke 2 nantinya. 

Prediksi tersebut muncul dari elektabilitas kedua paslon. Elektabilitas paslon prabowo-gibran 41 persen sedangkan ganjar-mahfud 27, 6 persen. 

“Pada simulasi pasangan calon presiden dan wakil presiden, Pasangan Calon Presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menempati urutan teratas, lalu diikuti oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD,” ujar Muslimin. 

Adapun posisi ke 03 yaitu paslon nomor urut 01 anis baswedan-muhaimin iskandar yang elektabilitasnya ada pada posisi terakhir yakni 26,5 persen. Namun data elektabilitas tersebut masih menyisakan angka undecided voters sebanyak 5,3 persen.

Dari paparan data di atas muslimin menyebut bahwa pilpres tahum 2024 memiliki peluang dua putaran yang terbuka lebar. Karna, Survei yang dilakukan puspoll belum ada dari setiap paslon yang mencapai 50+1 persen.

“Di antara 3 pasangan ini belum ada yang mencapai 50+1 persen. Artinya, pemilu 14 Februari nanti kemungkinan akan dilakukan 2 putaran,” imbuhnya. 

Metode survei

Muslimin mengungkap survei dilakukan dari tanggal 11-18 desember 2023 dengan metode penggunaan multi stage rondom sampeling, melibatkan 1.220 responden dengan hasil margin of error (MoE) 2,83 persen terbesar hingga tingkat kepercayaam mencapai 95 persen.

“Survei ini dilakukan dengan tatap muka, surveyor kami turun langsung mewawancarai 1.220 responden,” ujarnya. 

Hasil tersebut akan membawa dampak pada putaran kedua yang akan lolos di kontestasi politik tahun 2024 nantinya.

Pewarta: HC

Redaktur: Ar. Ridha


0 Response to "Puspoll ungkap dua calon yang lolos dalam putaran kedua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel