Program Bansos Tak Lagi Relevan Untuk Mengatasi Kemiskinan

 


                                                             Sumber foto: www.westjava.com

Wakil direktur INDEF (Institute for Development of Economics and Finance) mengungkap bahwa penanganan kemiskinan tak hanya pada penyaluran bansos, menurut Eko Listiyanto bansos tak menjamin masyarakat keluar dari belenggu kemiskinan.

Hal ini disampaikan menanggapi kebijakan dari acara calon capres-cawapres perserta pilpres 2024, yang mana masih mengandalkan program bansos.

"Untuk membuat masyarakat keluar dari kemiskinan, tidak cukup dengan bansos," kata Eko, liputan6.com Senin (1/1/2024).

Menurutnya, bansos merupakan kebijakan anggaran untuk menimalisir biaya pembelanjaan masyarakat yang berpenghasilan rendah. Sehingga berdampak pada stabilitas imposible income atau pendapatan yang siap dibelanjakan masyarakat agar tidak mengurangi harga pangan yang cenderung meroket.

Eko beranggapan siapapun nanti capres-cawapresnya bansos akan tetap ada dalam APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara). Justru yang disorot adalah bansos tidak akan mengubah indeks masyarakat untuk keluar dari zona kemiskinan, menurut Eko seharusnya para kandidat memiliki trobosan baru dalam mengatasi kemiskinan, jangan hanya menjalankan program bansos yang sudah dijalani oleh pemerintah sebulumnya.

Kata Eko, masyarakat harus dibuat lebih progresif dan produktif melalui berbagai agenda dan fasilitas sekaligus dukungan modal dari pemerintah untuk membangun ekosistem perekonomiannya.

"Mereka perlu lebih produktif, perlu dilatih, didampingi, di-support modal agar berdaya dan produktif," kata Eko.

Selain itu lapangan kerja harus lebih dipriotuntaskan dan diperhatiakan supaya masyarakat dipastikan tidak lagi pengangguran serta berpenghasilan tetap, paradigma menuju indonesai emas dan unggul bisa dicapai tidak lagi menunggu bantuan sosial dari pemerintah.


Pewarta: A.N

Redaktur: A.R Ridha

0 Response to "Program Bansos Tak Lagi Relevan Untuk Mengatasi Kemiskinan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel