Total 5000 Jamaah Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW dan Dzikir Wal Manakib Kubro Syekh Abdul Qodir Jaelani di Pondok Pesantren Al Ma'rifah Gempol Cirebon


Sumber Gambar : Pp. Al-Ma'arif

            Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al Ma'rifah Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Mengadakan Peringatan Maulid Nabi dan Dzikir Manakib Kubro yang di hadiri 5000 jamaah serta memberikan malam penganugerahan kepada 224 santri berprestasi dalam acara Manakib Kubro Dzikir Syekh Abdul Qodir Jaelani, Pada Sabtu Malam Minggu (7/10/2023). Dalam acara bulanan tersebut, ada beberapa penghargaan yang diberikan kepada para santri putra-putri 

Berikut adalah jumlah rincian santri berprestasi diacara ini :

  1. Alfatihah: 116
  2. Jurmiyah : 28
  3. Tahfidz :MI : 13,   MA : 6, SMK : 4, Takhasus: 3
  4. Fathul qorib: 3
  5. Safinah : 13
  6. Alfiyah : 11
  7. Safinah pengurus: 17

Jumlah total : 224

            KH. Samsul Ma'arif selaku pengasuh Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al Ma'rifah mengatakan, Malam anugrah ini sebagai bentuk apresiasi pada santri berprestasi dan bertepatan dengan peringatan maulid nabi Muhammad SAW Total 224 santri terbaik yang berdedikasi.

"Keyakinan harus terus tertanam, memupuk kepercayaan diri agar kelak para santri bisa berguna dan jadi kebanggaan orang tua dan para masyarakat sekitar," tuturnya.

            Lebih lanjut, KH Samsul Ma'Arif. M. Pd. I yang menjadi suri tauladan selaku pengasuh Pondok Pesantren Kebon Kelapa Almarifah dalam sambutannya bersyukur atas santriwan dan santriwati yang terus berprestasi dimana mendapatkan ilmu pesantren salah satu nya dicapai dengan mengingat Allah dalam Dzikir Manakib.

Rajin Dzikiran dan Rajin Manakiban.

"Dzikir Manakib Kubro ini selain memberikan apresiasi pengahargaan kepada para santri juga sebagai ajang silaturahmi, mengingat diri dengan berdoa, berdzikir, sebagai bentuk keataan dan cinta hamba kepada Allah," jelasnya.

            KH. Samsul Ma'arif pun senantiasa membimbing dan mengajak para santrinya untuk terus belajar dan meningkatkan prestasi. 

"Santri generasi masa depan negeri ini, dengan belajar dan berprestasi itulah yang bisa memajukan, bisa berperan membangun dan meningkatkan kualitas negara Indonesia," tuturnya.

            Selain itu, santri juga harus belajar berinteraksi, berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik dengan teman, guru dan masyarakat.

"Santri itu perlu mempunyai Akhlakul Karimah yang baik agar bisa berkolaborasi dengan baik, dan selalu menghormati guru dan orang tua yang telah berjasa dalam mendidiknya karena doa dan ridho adalah kunci menuju kesuksesan," katanya.

            Dalam kesempatan yang sama KH. Umar Syarifuddin LC Mengatakan, "Kami Memberi penghargaan anak berprestasi adalah pendorong semangat, namun anak yang sholeh sholehah adalah hadiah terbaik untuk kita," ucap Menantu Sueh Muzaki Syeh

"Memberikan Penghargaan dengan cara memberikan pertanyaan secara langsung kepada salah satu anak riyadhoh Alfiyah , yang khatam 1000 Nadhom," katanya.

            Begitu pun dengan, Ibu Nyai Elmi Mufidah Muzakki, Putra Syeh Muzaki Syeh juga mengingatkan bahwa "Didiklah anak dengan ilmu dan akhlaq, yang juga mesti dibantu dengan Doa, dan Doan Orang tua kepada anak itu barat doa Nabi terhadap Umatnya," jelasnya.

Selain Wali Santri dan penduduk setempat acara ini juga dihadiri Ulama dan Tokoh Masyarakat :

1. KH. Umar Syarifudin Lc ( Lora Kh Syeh Muzaki Syeh)

2. Nyai Elmi Mufidah Muzakki ( Putra Kh. Syeh Muzaki Syeh)

3. Kh. Aban Kholid Barja (Mjl)

4. Sridarmanto,S.Sos ; MPS sp ( Camat Gempol)

5. Kh. Naim (tokoh sepuh Ds. Kedungbunder)

            Sera Para Wali Santri berprestasi serta warga masyarakat sekitar pondok pesantren Al Ma'rifah Gempol Cirebon 

            Sebagai informasi, Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al-Ma’rifah telah membuka pendaftaran tahun ajaran 2023/2024 santri/siswa baru untuk jenjang RA/PAUD, DTA/TPQ, MI, SLB, MTs, SMK dan MA Al-Ma’rifah. 

            Dengan Visi mewujudkan sumber daya manusia yang berwawasan luas, terampil dan berakhlakul karimah. Adapun program unggulannya adalah tahfidz qur’an, pendalaman kitab kuning, intensif bahasa Arab/inggris, Teknologi Komputer, bimbingan tata boga, bimbingan tata busana.

Pewarta : Joko PMII UII

Editor : Khoirul Anam

0 Response to "Total 5000 Jamaah Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW dan Dzikir Wal Manakib Kubro Syekh Abdul Qodir Jaelani di Pondok Pesantren Al Ma'rifah Gempol Cirebon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel