Spirit Edukasi Pembangunan Ekonomi untuk Pemuda dan Mahasiswa

Foto oleh crew ABNews
Pembangunan ekonomi menjadi titik paling sentral dalam sebuah negara, sebab tanpanya atau ketidakstabilannya menyebabkan sebuah negara akan carut-marut. Maka dari itu dibutuhkan sebuah edukasi untuk menumbuhkan spirit pembangun ekonomi, terkhus bagi pemuda dan mahasiswa. Sebab pemuda dan mahasiswa adalah penerus estafet dari sebuah bangsa yang mencita-citakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan demikian Aliansi Mahasiswa Jogjakarta yang bekerjasama dengan Lembaga Kajian Strategi dan Pembangun Pemerintah (LKSP) menyelenggarakan sebuah edukasi ekonomi guna memberikan pemahaman dan penyadaran bagi pemuda dan mahasiswa saat ini. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk diskusi atau Halaqoh Pemuda dan Mahasiswa yang bertema “Peluang dan Tantangan Indonesia dalam Mencapai Orde Ekonomi Nasional (Melihat Realitas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2014 – 2019)”, dengan turut menghadirkan pakar ekonomi dan akademisi ekonomi sebagai narasumber kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 03 Oktober 2018, bertempat di Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yohgyakarta. Peserta yang hadir pun kurang lebih 150 dari berbagai unsur pemuda dan mahasiswa, hal tersebut menunjukkan bahwa antusiasme para pemuda dan mahasiswa dalam menjawab segala tantangan ekonomi di masa depan.


Foto oleh crew AbNews

“Dalam menjawab situasi ekonomi di hari ini dan masa depain, kita selaku generasi penerus bangsa tentu harus memiliki pemahaman historis ekonomi kita, kemudian mengaplikasikannya setelah kita memahami peluang dan tantangan ekonomi bangsa di masa depan. Sebagai pemuda, semangat perjuangan dalam membangung ekonomi bangsa hari ini sangat dibutuhkan sejak dini. Misalnya, meningkatkan ide kreatif para pemuda untuk menunjang ekonomi kreatif yang selama ini digaungkan oleh pemerintah,” ujar Rz. Warits dalam sambutannya selaku Ketua Panitia pada kegiatan tersebut.

Hal serupa juga disampaikan oleh Presiden Aliansi Mahasiswa Jogjakarta dan Direktur LKSP, bahwa mengetahui sebuah perkembangan ekonomi sampai hari ini sangatlah penting sifatnya. Oleh karenanya kita sebagai pemuda dan mahasiswa harus segera mencari jawab dari persoalan-persoalan ekonomi yang terjadi pada negara kita. Tak luput pula sumbangsih ide dan gagasan dari kaum pemuda sangat dibutuhkan dalam memajukan ekono yang selama ini dicicta-citakan oleh bangsa kita.

Setelah para narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan materi diskusi, pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan oleh audien yang rata-rata adalah mahasiswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa semangat dan keingintahuan gerasi saat ini pada ekonomi bangsa sangatlah besar.

(Reporter ABNews.com)

Spirit Edukasi Pembangunan Ekonomi untuk Pemuda dan Mahasiswa Spirit Edukasi Pembangunan Ekonomi untuk Pemuda dan Mahasiswa Reviewed by ashrambangsanews on Oktober 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar