Kader 2015 Pilih KOBAR sebagai Nama Korps

 jhj
http://rafsyahnews.blogspot.co.id

Ashrambangsanews. Bantul -- Sesuai tradisi sebelumya bahwa setiap penyelenggaraan PKD (Pelatihan Kader Dasar), PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Rayon Ashram Bangsa (Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan  Kalijaga) selalu diakhiri dengan kelahiran korps baru. Dalam rangka mempererat tali persaudaraan diantara para kader, pembentukan nama korps memang menjadi hal yang urgen.

"Korps ini akan berlaku seumur hidup mereka, baik ketika mereka masih menjadi kader, ketika mereka sudah lulus kuliah atau ketika mereka sudah sukses kelak. Beberapa tahun yang akan datang, mungkin sepuluh tahun atau lebih, korps yang mereka bentuk hari ini akan menjadi alasan bagi para kader 2015 untuk berkumpul dikemudian hari”, ujar dhimas selaku ketua PMIII Ashram Bangsa.

Dirinya juga menambahkan bahwa proses perumusan nama korps angkatan ini setidaknya juga memberikan pembelajaran awal tentang demokrasi, dimana setiap orang dapat berpendapat tanpa ada tekanan. Sebab meski didampingi oleh pengurus rayon dan panitia, perumusan nama memang menjadi hak independen dan inisiatif dari kader angkatan 2015.

Mula-mula pimpinan forum yang diwakili oleh pengurus rayon membuka forum dan menawarkan pada setiap kader 2015 untuk bersama-sama atau sendiri-sendiri mengajukan nama korps. Pada sesi pertama terkumpul sebanyak belasan usul nama korps, namun berhasil disederhanakan pada sesi kedua hingga hanya tersisa tiga usul nama korps teratas. BRIMAN (Brigadir Islam Mahasiswa Nusantara) , ASAP (Aliansi Strategis Aktivis Mahasiswa) dan KOBAR (Komando Barisan Revolusi).

Sampai pada sesi voting guna menentukan pemenang dari tiga usul nama tersebut, muncullah ASAP pada posisi ke tiga dengan 10 suara, BRIMAN pada posisi ke dua dengan 26 suara dan KOBAR menempati posisi pertama dengan 102 suara yang sekaligus membuatnya menjadi nama resmi korps angkatan 2015. Tepatnya pukul 11.15 bertempat di gedung Yapitu Dusun Daraman Desa Srimartani Kec. Piyungan Kab. Bantul dengan itu resmi lahir nama Korps 2015.

Dhanil Al-Ghifari (mahasiswa jurusan Siyasah), pencetus nama KOBAR mengungkapkan alasan dirinya mengajukan nama KOBAR sebagai nama Korps angkatan 2015. “Komando menunjukkan adanya kesatan yang utuh dan tidak terpecah, revolusi menunjukkan harus adanya pembenahan untuk negara kita yang saya pandang terjadi kebobrokan dimana-dimana. Sehingga dengan adanya KOBAR suatu saat akan memberikan jaminan perubahan, baik dalam lapangan ekonomi, hukum dan sosial kita”, cetusnya dengan lugas (21/9).

Proses perumusan nama korps sendiri berjalan cukup lancar. Tanpa butuh waktu lama para kader sudah mencapai kesepakatan bulat. Walaupun banyak diselingi interupsi dan pertanyaan, iklim forum pada saat itu masih berada pada suhu yang kondusif hingga ada keputusan akhir.

Dengan lahirnya korps baru ini, Dhimas sebagai Ketua Rayon berharap agar kelak kader 2015 dapat berproses di Rayon Ahsram Bangsa dengan baik. “Kader hari ini harus mampu menjalankan gagasan besar rayon 2015 untuk kembali ke masyarakat, melakukan pengabdian dan ikut membantu membangun negara melalui kelompok-kelompok strategis”, katanya.

“Dengan kembali ke masyarakat dan bersosialisasilah mereka semua (kader 2015) akan merasakan arti ikhlasnya sebuah pengabdian”, tambahnya.

Sebagaimana diketahui bahwa PKD PMII Rayon Ashram Bangsa pada tahun ini dilaksanakan di Dusun Daraman Desa Srimartani Kec. Piyungan Kab. Bantul mulai tanggal 17-21 September 2015 serta telah berakhir sukses dengan di-bai'at-nya 142 kader Senin lalu.

Red: Mohammad Ady Nugroho

Sumber: http://rafsyahnews.blogspot.co.id
Kader 2015 Pilih KOBAR sebagai Nama Korps Kader 2015 Pilih KOBAR sebagai Nama Korps Reviewed by ashrambangsanews on Desember 20, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar