Partisipasi Membangun Peradaban NU Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

Foto Acara Pengajian dan Sholawat

Jumat 8 Maret 2024. Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan KMNU (Keluarga Mahasiswa Nahdhatul Ulama'), PN (Pagar Nusa), dan PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) menyelenggarakan acara pengajian dan sholawat, acara ini dilaksanakan di universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakrta tepatnya di seresehan Masjid (UIN).

Kemeriahan acara ini disambut dengan meriah oleh hadrah Alfayyat yang merupakan perpaduan dari tiga elemen tersebut. Acara ini juga banyak mengundang jama’ah baik dari mahasiswa maupun masyarakat, acara yang bertemakan “Merawat Tradisi, Membangun Sinergitas Kader Aswaja” merupakan simbolik bagi peradaban NU guna membangun peradaban yang lebih baik.

Sambutan hangat terlintas dengan sumringah oleh ketua pelaksana, ucapan terimakaih disampaikan  dengan ramah. Muhsin asrori selaku ketua pelaksana memeberikan ucapan terimakasih kepada tiga elemen yang berpartisipasi dalam acara ini. 

"terimakasih atas partisipasi dari beberapa elemen yang turut andil dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, semoga ini menjadi awal i'tikad baik untuk kedepannya bagi mahasiswa nu khusunya". Tegas Ketua pelaksana.

Acara yang diselanggarakan dengan tujuan untuk menyongsong budaya islami ditengah-tengah mahasiswa nahdhatul ulama' ini disambut antusias oleh para jamaah. Thoriqatul haq selaku Presiden Mahasiswa menyampaikan bahwa momen ini suatu bentuk kebaikan yang dibangun oleh banom-banom Nahdliyyin. 

“ suatu kegiatan yang patut kita apresiasi, ini adalah suatu momentum yang baik untuk membawa ghirah peradaban NU dilingkaran kampus khusunya UIN." Ungakpanya.

Selain Itu Perpaduan tiga ormawa ini menjadi simposium pertama bahkan sejarah di kampus UIN Sunan Kali Jaga. Pak Syaifuddin selaku Mabinra Dari tiga ormawa ini, menyampaikan secara tegas bahwa acara ini pertama kali yang diselenggarakan oleh banom NU setingkat Mahasiswa, ia juga menegaskan jika acara ini untuk menyambung tali silaturrahmi pemuda-pemuda NU dikampus Uin Tentunya. 

"ini adalah acara persaudaraan yang awal dibangun untuk menyambung silaturrahmi antar warga nu, tiga elemen ini semoga bisa di integritas untuk menyongsong nu, menanankan ideologi-ideologi aswaja. Yang terepnting ukhwah islamiyah kita harus tetap terjaga." Ungkapnya. 

NU merupakan oramas yang jauh dari persoalan politis, titah para masyaikh NU harus kita jaga guna menyongsong peradaban NU untuk kemaslahatan UMMAT. Dr. Kh. M. Yazid Affandi. M. Ag. Ketua pc NU yogyakarta sekaligus pemateri pada acara ini menyampaikan.

 "NU selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, namun sekarang kader-kader muda NU turut andil hadir dilingkaran mahasiswa, ini sebuah awal mula penempatan ukhwah islamiyah secara menyeluruh. Kader-kader mujahid NU harus mempertahankan  serta tetap menjaga ekosistem peradaban NU. Sekali kalian NU maka selamanya harus tetap berpegang terhadap Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah". ujar Dr. Kh. M. Yazid Affandi. M. Ag. Dalam pidatonya. 

Diharapkan dengan adanya acara ini  mahasiswa Nahdlatul Ulama  tumbuh kesadaran dan kesiapan untuk menghadapi atau mempersiapkan diri untuk menerima, mempraktikkan, dan memperluas pemahaman mereka tentang budaya Islam di lingkungan mereka, dengan memperkuat nilai-nilai Islam dalam kegiatan dan interaksi sehari-hari mereka sebagai mahasiswa.

Penulis: Nasrullah 

Redaktur: Ar. Ridha

0 Response to "Partisipasi Membangun Peradaban NU Menuju Masa Depan yang Lebih Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel