Aksi Mural : Sejumlah Coretan Baliho Suarakan Mahalnya UKT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

Aspirasi: Sejumlah Baliho Terpampang di Pagar UIN Sunan Kalijaga

YogyakartaAshrambangsanews – Aksi penolakan UKT oleh terus digulirkan oleh mahasiswa setelah dikeluarkannya surat keputusan dari rektorat tentang UKT sadari beberapa jalur yakni SNMPTN, SBMPTN, UMPTKIN sampai jalur CBT 1 dan CBT 2 yang terakhir tanggal 30 juli 202.

Penolakan dari element mahasiswa yang disampaikan lewat berbagai macam jenis aspirasi, mulai dari menuliskan di spanduk, media massa, bahkan media online dijadikan sebagai media aspirasi yang sangat lumrah terjadi di kalangan mahasiswa yang mampu untuk membaca regulasi dari surat keputusan rektorat tersebut.

Pasalnya dari semua SK yang telah di keluarkan banyak sekali mahasiswa yang akhirnya tidak dapat melanjutkan perkuliahan di UIN Sunan Kalijagab Yogyakarta. Hal ini bukan tanpa alasan, tentu adanya kenaikan UKT (uang kuliah tunggal) setiap tahunnya menjadikan batu sandungan mahasiswa yang mau melanjutkan jenjang pendidikannya. Hal itu selaras dari beberapa mahasiswa yang akhirnya mengundurkan diri dari UIN Sunan Kalijaga.

Dengan adanya hal demikian mahasiswa merespon adanya kesenjangan ekonomi yang dalam undang undang di jamin atas Pendidikan tidak mampu untuk di akomodir oleh rektorat selaku pemangku kebijakan. Salah satu respon mahasiswa yang saat ini terjadi adalah aksi mural jalanan, tentu aksi mural ini bukan tanpa alasan, beberapa tulisan menjelaskan adanya penolakan ukt mahal dan berafiliasinya universitas dengan lembaga swasta yang mencari keuntungan semata, keresahan tersebut di sampaikan dengan slogan slogan penolakan dan tututan.

Dalam suatu kesempatam, kami menemui salah satu mahasiswa aktif UIN Sunan Kalijaga. Ia menyampaikan tentu hal demikian harus direspon, demokrasi yang berasaskan kebebasan penyampaian pendapat bisa di laksanakan dalam bentuk apapun menjadikan mural salah satu alternative dari mahasiswa yang merasakan adanya ketimpangan kebijakan tersebut.

“Tingginya UKT di lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga ini harus direspon dengan tegas, penyampaian pendapat bisa di laksanakan dalam bentuk apapun menjadikan mural salah satu alternatif dari mahasiswa yang merasakan adanya ketimpangan kebijakan tersebut”. Tegas Salah satu Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga.

Sudah jelas ada kebijakan yang tidak berpihak kepada mahasiswa dan terkesan merugikan mahasiswa, tentu hal demikian bukan tanpa alasan, tapi sampai saat ini belum ada alasan yang jelas dari pemangku kebijakan tertinggi dari pihak rektorat untuk menjelaskan tentang alasan mengenai naiknya UKT hari ini yang menyulitkan akses Pendidikan, dengan adanya hal hal yang di sebutkan diatas maka beberapa mahasiswa menyuarakan dengan aksi mural dengan bertuliskan “TOLAK UKT MAHAL” dan “UIN MERESAHKAN”, adalah bentuk kekecewaan untuk mengabarkan kepada khalayak umum bahwa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang katanya kampus Putih, Kampus rakyat, sekarang sudah tidak memihak pada rakyat, upaya ini merupakan ajakan bagi seluruh mahasiswa UIN Sunan kalijaga untuk ikut serta mengawal kebijakan pihak rektorat untuk pro terhadap masyarakat bawah guna mendapatkan hak dasar sebagai masyarakat berupa Pendidikan.

 

Redaksi/Red

0 Response to "Aksi Mural : Sejumlah Coretan Baliho Suarakan Mahalnya UKT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel