Sambutan Ala Kampus Untuk Mahasiswa Baru

 

Beberapa jalur untuk masuk perguruan tinggi sudah selesai dan mengumumkan hasilnya. Tentunya, ini menjadi berita gembira untuk mereka yang diterima di PTN/PTKIN idamannya masing-masing.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, atau Uinsuka, sebagai PTKIN ternama, mendapat predikat peringkat pertama sebagai PTKIN paling banyak diminati via jalur UM-PTKIN. Tentu saja semakin membuat bangga untuk mereka yang baru saja diterima di kampus putih Yogyakarta ini. 

Dan untuk rakyat kampus sendiri, tentunya berlomba-lomba untuk menyambut mahasiswa baru adalah hal yang wajib dilakukan, mulai dari mahasiswa lama sampai rektor necis UIN, Prof. Al Makin menyambut maba dengan penuh suka cita. 

Apa saja kira kira sambutan yang menggetarkan hati maba dan membuat tangis pecah ???

1. Sambutan pamflet ormawa dengan foto tampan/cantik pengurusnya

Ini adalah hal paling sering dilakukan terutama oleh ormawa kampus. Mereka berlomba-lomba membuat pamflet paling menarik untuk ajang kebolehan design flayer. Contoh design yang terkenal seantero Indonesia adalah pamflet yang dikeluarkan oleh BEM UI (Universitas Indonesia). Mereka berhasil terkenal lewat pamflet jalur surga 

2. Videografis wilayah kampus

Kampus yang lengkap dengan segala fasilitasnya adalah kampus yang diidamkan mahasiswa baru. Dengan editing yang baik dan benar, fasilitas kampus menjadi ajang gengsi untuk memanjakan mata mahasiswa baru. Sayang, mereka tidak tahu ada masyarakat yang menunggu tanahnya untuk segera dilunasi. 

3. Alumni dengan seperangkat gelar dan profesinya

Salah satu indeks keberhasilan kampus dalam mengayomi mahasiswa adalah ketika mahasiswa berhasil mendapatkan profesi sesuai dengan bidang keilmuannya. Semakin banyak alumni yang bekerja sesuai gelarnya, semakin tinggi nilai tawar kampus, yang sekalipun masih banyak sarjana pengangguran di negeri surga.

4. Tagihan biaya kuliah yang setinggi harapan maba

Terakhir, yang paling menggetarkan jiwa dan raga maba, adalah tagihan yang tingginya menembus langit ketujuh, membuat sesak nafas orangtua yang anaknya ingin punya gelar, dan kuliah di kampus pilihannya. Hanya beberapa orang pilihan yang mendapat biaya kuliah murah tanpa beban, dan selainnya, beban ditanggung masing-masing. Yaahh, tapi masih banyak jalan untuk mendapatkan keringanan tersebut, walau seperti menjalani jalur sutra yang sulit dilalui.

Terakhir, saya juga ingin mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang diterima lewat berbagai macam jalur. Yang pasti, diterima di kampus pilihan hanya salah satu kebanggaan di sela-sela permasalahan duniawi. Siapkan jiwa dan raga kalian 100%, kalau perlu 1000%, agar tidak ada harapan maba yang pupus di tengah jalan.


Ramadhan Iman Santoso, Ketua Umum LPM Advokasia 2021_2022

0 Response to "Sambutan Ala Kampus Untuk Mahasiswa Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel