MAPABA 2020: Ciptakan Kader PMII yang Mu’takid

Ashrambangsanews.com- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Ashram Bangsa tiap tahunnya berupaya mencetak kader yang berintelektual, bermoral, serta berintegritas tinggi, melalui Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA).

MAPABA dilaksanakan di Omah PMII Yogyakarta, Jum’at-Minggu (13-15/10/20) dengan tema “Orientasi Nilai-Nilai Pergerakan Guna Menciptakan Generasi Muda Yang Dinamis Dan Berintegritas”.

Faisal Nuja A, Ketua Pelaksana MAPABA mengatakan bahwa tema yang diambil kali ini berangkat dari tiga unsur: pertama untuk menciptakan kader yang mu’takid, kedua berkesesuaian dengan visi dan misi rayon, dan sesuai dengan output yang diinginkan, yakni mencetak kader yang berintelektual, dinamis, serta dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

MAPABA merupakan jenjang pertama dalam kaderisasi formal dalam PMII. “Tujuan dilaksanakan MAPABA sendiri untuk membentuk karakter kader yang mu’takid. Yakni membangun anggota yang yakin terhadap Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja), serta menumbuhkan kecintaannya kepada PMII,” ujar Moh. Zuhdy, Ketua Umum PMII Rayon Ashram Bangsa pada saat didatangi reporter Ashrambangsanews.

Konsep MAPABA kali ini dilaksanakan secara offline semi online. Setiap proses pendampingan dalam kegiatan MAPABA selalu diarahkan pada memperkuat keyakinan anggota terhadap nilai-nilai PMII.

“Terdapat enam materi yang disampaikan pada MAPABA yaitu, Ke-PMII-an, Aswaja, Nilai Dasar Pergerakan (NDP), Analisis Diri (Andir)-Analisis Sosial (Ansos), gender, dan keorganisasian,” jelas Faisal Nuja.

Pertama kali mengadakan MAPABA, Rayon Ashram Bangsa mendapat antusiasme cukup besar, dengan diikuti oleh 248 peserta.

Setelah dilaksanakannya MAPABA, akan dilanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu Pelantikan Kader Dasar (PKD) dan Pelatikan Kader Lanjut (PKL)

Proses pengkaderan di PMII membuat mahasiswa baru memahami fungsinya sebagai mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya berkecimpung di ranah akademik tetapi juga banyak hal lain. Salah satu contohnya mahasiswa berfungsi sebagai agen of change (agen perubahan), social control (pengawal kebijakan pemerintah), moral force (teladan masyarakat). Namun, hal tersebut harus tersampaikan dengan cara yang benar sehingga mahasiswa dapat mengetahui hakikat dan fungsinya sebagai seorang mahasiswa. (Aulia/Red)

1 Response to "MAPABA 2020: Ciptakan Kader PMII yang Mu’takid"

  1. Semangat dan antusiasme peserta Mabapa 2020 tidak surut meski harus secara online. Pengalaman saya sendiri mengikuti Mapaba sangat banyak, selain ilmu baru dan teman baru, saya juga belajar bersabar. Jelas karena jaringan internet di tempat tinggal saya kurang stabil, hihi. Rundown acara Mabapa sendiri tidak membosankan, bagi peserta diadakan Focus Grup Discussion shg tiap-tiap kelompok bisa shering ttg apa saja. Terimakasih PMII Asram Bangsa.....Jaya Selalu..
    Salam Mila,

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel